Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik

  • Bagikan
Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik

Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik. Pulau Dewata Bali merupakan salah satu kepulauan Indonesia yang banyak memiliki tempat wisata alam yang cantik dan menarik.

Salah satunya adalah objek wisata alam air terjun Tirta Buana ( Bhuana ) ini. Berada di kabupaten Buleleng, Singaraja. Kabupaten merupakan 80% adalah pegunungan dan menjadi gudangnya air terjun / waterfall

Bila anda senang memburu tempat wisata baru dan menyukai hunting photo dengan alamnya yang instagramable. Air Terjun Tirta Buana sangat cocok buat itu semua dan dapat dijadikan tujuan tour anda di Bali.

Mungkin sebagian besar para traveller mengetahui kalau di Kabupaten Buleleng terdapat banyak tempat wisata air terjun yang terkenal.Seperti air terjun gitgit, air terjun sekumpul, air terjun aling-aling, banyumala, munduk dan banyak lagi lainnya.

Tetapi bila anda ingin melihat situasi alam yang baru dan berbeda. Apa lagi bosan dengan alam pantai. Karena itu Air Terjun Tirta Buana ( Tirta Buana Waterfall ) ini merupakan tujuan wisata yang bagus untuk kalian datangi.

Tempat wisata air terjun tirta buana Buleleng ini tawarkan alam indah yang berada di daerah terpencil dan tersembunyi.

Berada di pedalaman dengan situasi pedesaan dan hutan hijau yang cantik ini akan membuat anda merasa nyaman ada di sini berlama lama. Meskipun untuk menuju ke lokasi perlu usaha extra dengan menyusuri jalan setapak.

Suasana sejuk dan asri sepanjang perjalanan tidak akan membuat anda terasa begitu membosankan, karena panorama alam sekelilingnya sangat menarik dengan ciri khas alam pegunungan yang bersuhu sejuk.

Lokasi Air Terjun Tirta Buana Buleleng

Tempat wisata air terjun Tirta Buana berada di Banjar Dinas Batudingding, Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Jarak dari kota Denpasar kira-kira 52 km, dan dari pusat perkotaan Singaraja Buleleng sekitar 23 km.

Bila perjalanan dari Bali Selatan, seperti Kuta dan Nusa Dua, lokasi Tirta Buana waterfall akan melewati tempat wisata danau Beratan Bedugul dengan jarak tempuh 15 km.

Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik

Rute Menuju Tirta Buana Waterfall

Untuk mencapai lokasi air terjun ini air terjun ini, ikuti rute sekitaran 9,5 km dari tempat wisata danau Beratan Bedugul ke arah kota Singaraja. Setelah tiba di persilangan ke arah desa Lemukih atau ke arah air terjun Sekumpul. Kemidian ikuti jalan itu, hingga sampai di desa Pegadungan.

Setelah tiba di desa Pegadungan, anda akan melihat petunjuk dengan papan nama dan baliho sebagai panduan ke air terjun. Sedangkan rute menuju kawasan wisata ini berkelak-kelok dan naik dan turun, jadi hati-hatilah saat berkendara.

Untuk anda yang suka menggunakan google map, titik kordinat air terjun tirta buana sudah bisa anda temukan. Namun jika kehilangan arah, anda pun bebas bertanya kepada masyarakat di setempat yang anda temui.

Baca juga : Daftar Air Terjun di Buleleng Bali | Objek wisata air terjun singaraja

Nah setelah tiba di areal parkir mobil atau sepeda motor, anda harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 300 meter ke arah tempat wisata alam air terjun ini.

Selama anda melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, anda akan melewati jalan setapak dengan beberapa anak tangga. Setelah itu perkebunan dan panorama perbukitan serta lembah yang asri dan perawan yang belum tersentuh juga ada akan temukan di sini.

Tips Menuju Air Terjun dengan Jalan Kaki

Untuk masyarakat kota dengan kegiatan rutin setiap hari pada tempat keramaian, karena itu rekreasi penjelajahan dengan trekking enteng ke arah air terjun Tirta Buana ini bisa menjadi pengalaman berlibur spesial, apa lagi bila dengan keluarga dan anak-anak.

Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik

Kondisi masih jalan tanah, karena itu lebih di sarankan untuk ke tempat wisata air terjun ini pada musim kering, karena pada musim penghujan jalan ke arah lokasi air terjun akan licin.

Kita perlu perjuangan extra untuk beberapa menit dengan jalan kaki. Namun rasa lelah anda pada akhirnya terbayarkan impas dengan sajian panorama alam yang cantik berbentuk air terjun alami. Waterfall ini memiliki debet air yang cukup besar dan jernih, tentunya akan membuat anda terpesona.

Daya Tarik Air Terjun Tirta Buana

Daya tarik air terjun tirta buana ini adalah terdapatnya 3 buah mata air alami yang mengucur dari tebing batu dengan posisi miring. Karena itu airnya tidak langsung terjun di kolam tempat penampungan di bawahnya.

Sedangkan air terjun Tirta Buana ini memiliki ketinggian sekitaran 15 mtr ada di lembah hijau yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian.

Oleh karena itu, banyak pengunjung merasa betah berada berlama-lama di air terjun Tirta Buana. Bukan tanpa alasan, karena merupakan salah satu surga tersembunyi.

Apa lagi airnya berasal dari mata air alami yang selalu jernih, walaupun saat musim penghujan. Kapan saja airnya selalu jernih. Pantas menjadikan tempat wisata alam ini sebagai wisata air terjun paling indah di pulau Dewata Bali.

Fasilitas yang ada

Di bawah saluran air terjun, dibuatkan kolam tempat penampungan, sebuah kolam dengan airnya yang fresh hingga tempat ini juga dikenal bernama Tirta Bhuwana waterfall and Kolam Alami. Kolam renang alami (Natural pool) jadi tempat yang menarik bagi yang mau berenang dan mandi.

Anda dapat rasakan langsung segarnya mata air pegunungan, dalamnya kolam hanya leher orang dewasa, maka bila anda beraktivitas bersama keluarga, khususnya anak-anak sehingga anda bisa menjaga mereka secara baik.

Di kawasan Tirta Buana Waterfall ini telah tersedia toilet, ruang ganti dan gazebo untuk istirahat dan bersantai. Nikmati daya tarik air terjun ini dengan duduk di gazebo yang tersedia.

Selain itu, tersedia pula sarana photo selfie untuk mendokumentasikan kegiatan berlibur anda. Dapatkan kesegaran pikiran yang sebelumnya penuh kejenuhan yang diakibatkan kegiatan rutin setiap hari.

Sekarang, tempat wisata alam air terjun ini menjadi tempat wisata alam baru di kabupaten Buleleng sebagai kawasan pariwisata Bali Utara. Mengunjungi tempat ini sangat cocok bila anda sedang melakukan perjalanan wisata di Bali Utara anda dapat memasukkan tempat wisata ini.

Tempat Wisata Yang Searah dengan Tiket Tirta Buana Waterfall

Adapun tempat wisata alam yang searah dengan air terjun Tirta Buana, yakni; danau Beratan Bedugul dan pantai Lovina melihat pertunjukan dolphin (lumba-lumba) yang terletak searah.

Baca juga : Daftar Objek Wisata di Singaraja

Dan tempat wisata alam air terjun terkenal yang berada berdekatan dengan Tirta Buana waterfall, yaitu air terjun Gitgit dan Sekumpul.

Harga Tiket Masuk Tirta Buana Waterfall

Sedangkan bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, anda harus mempersiapkan uang sebesar 10.000/ orang berlaku untuk wisatawan domestik

Harga tiket masuk ke Tirta Buana waterfall Buleleng ini lumayan murah, hampir sama dengan tiket air terjun yang berada di daerah kabupaten Buleleng.

Hingga air terjun ini menjadi tujuan wisata alam murah yang akan melengkapi berlibur anda di pulau Dewata Bali, baik itu berlibur dengan keluarga, rekanan, teman dekat atau pasangan bulan madu anda.

Air Terjun Tirta Buana – Lokasi dan Daya Tarik

Sejarah Air Terjun

Sejarah air terjun di Buleleng ini, awalnya merupakan gagasan dari warga Tempek Panti di dusun Batu Dinding, Desa Pengadangan sebagai tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Melalui musyawarah desa, dan pada akhirnya disetujui pembikinan PLTA itu di tahun 2010, tetapi itu tidak berjalan lama, hanya berlangsung dalam tahun 2015.

Alokasi tempat itu sebagai pusat PLTA tidak tahan lama, karena masalah perawatan yang mahal. Karena dana untuk perawatan tidak tercukupi dan diselenggarakan kembali permufakatan masyarakat Tempek Panti untuk membicarakan alokasi air terjun itu.

Selanjutnya di tahun 2016 lewat kesepakatan dari pemilik tempat air terjun itu sebagai tempat wisata atau tempat wisata alam.

Selanjutnya di bentuklah Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan di tahun 2017 dengan dibuatkan akses jalan ke arah air terjun tersebut.

Sesudah akses jalan usai, pada akhirnya air terjun itu sah dibuka untuk umum sebagai tujuan rekreasi tur untuk masyarakat dan wisatawan yang berlibur ke pulau Dewata Bali. Khususnya yang berlibur ke objek wisata Bali Utara.

DTW yang berada di alam pegunungan ini menawarkan situasi sejuk, cantik dan airnya yang paling jernih, hingga pas untuk lakukan aktivitas berenang, santai, atau rekreasi dengan keluarga.

Air terjun ini keluar dari perut bumi, di tengah-tengah bebatuan yang dalamnya berisi “klebutan” (sumber mata air). Air itu langsung jatuh ke bawah. Kelebihan Air Terjun Tirta Buana ini airnya tak pernah kering.

Nah itu dia sedikit informasi tentang lokasi, daya tarik dan rute menuju air terjun tirta buana ini. Tempat wisata baru yang pantas anda kunjungi selama liburan di Bali.

promohotel
  • Bagikan