Air Terjun Tukad Cepung – Daya Tarik, Lokasi dan Harga Ticket Masuk

  • Bagikan
Tukad Cepung Waterfall Bangli - Locations and Entrance Fee

Ketemu lagi sobat travel, kali ini saya akan membuat informasi lengkap tentang Air Terjun Tukad Cepung. Dalam artikel ini khusus menginformasikan tentang daya tarik air terjun, Lokasi serta harga ticket Masuk terbaru 2021 untuk pelancong lokal dan luar negeri.

Apakah kalian pernah dengar tentang, mengenai air terjun yang berada di desa terpencil di daerah Bangli. Dan di kategorikan air terjuntersembunyi, karena berada di balik tebing sungai Cepung, Temuku Bangli.

Namanya uniknya adalah Air Terjun Tukad Cepung di kenal lebih familiar oleh wisatawan domestik. Sedangkan untuk kalangan wisatawan mancanegara di kenal dengan nama tukad cepung waterfall Bangli.

Demi sebuah pengalaman yang mengagumkan di kawasan Air Terjun Tukad Cepung ini. Para wisatawan rela menuruti jalan yang berliku dan kecil yang bakal bawa kita ke pemandangan alam yang cantik dan menakjubkan ini.

Selain pengalaman air terjun tersembunyi ini, ada beberapa pengalaman lain Bali yang akan memberikan tempat unik, cantik bahkan beberapa lokasi yang belum tersentuh.

Sejarah Air Terjun Tukad Cepung

Sejarah Air Terjun Tukad Cepung sebelumnya sebagai lokasi yang disakralkan oleh warga setempat. Dan jadi tempat untuk melakukan pengelukatan atau penyucian diri dan jiwa.

Ritual Melukat merupakan upacara pembersihan diri dan jiwa secara spiritual yang dilakukan secara turun-temurun oleh umat Hindu. Karena lokasinya yang tenang, nyaman dan tersembunyi sangat cocok untuk melakukan meditasi ketenangan jiwa.

Di tahun 2017, lokasi Air Terjun Tukad Cepung mulai dibuka untuk umum. Banyak unggahan poto yang indah di instagram, baik lokal maupun luar negeri yang mempublikasikan keindahannya membuat air terjun tukad cepung ini di kenal hingga mancanegara.

Air Terjun Tukad Cepung - Daya Tarik, Lokasi dan Harga Ticket Masuk

Daya Tarik Air Terjun

Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitaran 15 mtr., dengan keadaan air yang jernih, dan arus air yang jatuh tidak deras.

Air yang turun mneyerupai sebuah tirai raksasa, kemudian disorot cahaya matahari hingga memantulakan sinar kecantikan seperti pelangi ke goa yang sedikit gelap.

Selain itu, Air Terjun Tukad Cepung tidak mempunyai palung atau kolam utama. Tidak ada penampungan air yang luas yang menyebabkan air yang jatuh langsung mengalir ke sungai sepanjang jalur yang kita akan lewati sebelum tiba di air terjun ini.

Tempat wisata ini masih sebagai air terjun tersembunyi terbaik di Bali. Dengan sinar matahari jatuh di air terjun yang bercahaya membuat pelangi di depan anda.

Terletak dibalik batu-batuan dan tebing yang membubung tinggi, Tukad Cepung Waterfall Bali digolongkan sebagai satu diantaranya tempat paling unik di Bali. Disamping itu, tempatnya sejuk yang tawarkan perasaan nyaman dan ketenangan yang menakjubkan.

Hal Menarik Yang lain Mengenai Air Terjun

Air terjun ini sebagai arah rekreasi baru di teritori rekreasi Bangli. Yang tawarkan kecantikan alam dengan keunikan yang lain daripada air terjun yang lain di Bali.

Ada di tengahnya tebing tinggi sama air jernihnya yang sedikit masuk ke tebing. Air Terjun yang berada di Tukad Cepung kerap dinamai Cepung oleh orang Bali, yang disebut tempat rekreasi paling fotogenik dari semua tempat air terjun di Bali.

Baca Juga : Gembleng Waterfall, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tukad memiliki arti sungai dalam bahasa Bali, dan Cepung mempunyai makna aliran, jadi ‘Tukad Cepung Waterfall’ mempunyai makna aliran Sungai Cepung.

Air Terjun ini menarik semua orang yang telah mendapatinya. Karena lokasinya sedikit sulit diketemukan untuk pengunjung yang tiba untuk pertamanya kali.

Disamping itu, anda harus menuruni beberapa ratus anak tangga menuruni tebing hingga anda akan datang di tebing melingkar seperti ada dalam gua. Sementara langit terbuka pas di atas air terjun, memberinya Anda pemandangan paling mempesona.

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Air Terjun Tukad Cepung ada di bagian timur Bali di Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Ini merupakan salah satu daftar objek wisata di Bangli.

Air Terjun Tukad Cepung - Daya Tarik, Lokasi dan Harga Ticket Masuk

Sekitaran 40 menit dari kawasan wisata gianyar, seperti Ubud Bali menuju wilayah Bangli lokasi air terjun ini. Kemudian jika anda dari arah Denpasar, anda memakan waktu 1 jam 30 menit atau 1 jam 45 menit dari Lapangan terbang Ngurah Rai Denpasar Bali.

Ticket Masuk Air Terjun Tukad Cepung

Untuk pelancong yang bakal bertandang ke Tukad Cepung waterfall Bali, lebih dulu harus bayar harga ticket masuk sebesar Rp 15.000 per-orang. Harga ticket ini berlaku untuk pelancong lokal dan luar negeri.

Air Terjun Tukad Cepung - Daya Tarik, Lokasi dan Harga Ticket Masuk
source www.balitripon.com

Tapi, karena kawasan ini dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat. Karena itu anda harus menghargai semua ketentuan yang berada di sini. Dianjurkan untuk memakai guide untuk capai air terjun tersembunyi ini. Jika anda baru pertama kalinya ke sini.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Rata-rata tempat rekreasi alam di Bali bukanya selama seharian, tetapi pencahayaan pada tempat lokasi air terjun tidak ada. Karena itu untuk anda yang ingin bertandang seharusnya tiba selagi jelas. Tapi sore atau pagi hari ialah waktu terbaik untuk berkunjung Tukad Cepung Waterfall ini.

Peluang yang terbaik adalah tiba ke Air Terjun ini saat sebelum jam 10 pagi. Dari sisi karena kita akan melalui beberapa ratus tangga, di atas jam ini sebagian besar pelancong lokal mulai tiba.

Rute dan Transportasi menuju air terjun

Air Terjun Tukad Cepung - Daya Tarik, Lokasi dan Harga Ticket Masuk

Anda dapat raih tukad cepung waterfall dengan gampang dari selatan, barat, utara dan pusat Bali. Anda dapat menikmati perjalanan di sana yang hampir seindah air terjun itu.

Tapi jika Anda memulainya dari Ubud, waktu yang di butuhkan sekitar 50 menit berkendara dengan mobil atau sepeda motor. Dan 1,5 sampai 2 jam perjalanan dari Bali selatan baik daerah Kuta, Legian, dan Seminyak.

Air Terjun Tukad Cepung dapat dicapai dengan sepeda motor atau mobil. Tetapi tidak ada transportasi umum untuk sampai ke situ.

Sampai saat ini di menuju tempat wisata ini tidak ada fasilitas angkutan umum. Sehingga anda harus bawa kendaraan sendiri atau menggunakan layanan sewa mobil dengan sopir.

Nah itu dia tentang tukad cepung waterfall, semoga ini bisa menambah wawasan anda tentang tempat wisata yang ada di Bali saat ini.

promohotel
  • Bagikan