Destinasti Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bali

  • Bagikan
Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Bali

Destinasi Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bali – Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Tembuku Bangli Bali memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, pengunjung akan menjumpai sekelompok anak muda yang sedang melaksanakan Egyptat, yaitu upacara pemberian percikan air suci sebelum memasuki lokasi wisata. Egyptat sendiri dimaksudkan sebagai ritual pembersihan diri.

Di sinilah wisatawan menemukan pepohonan yang rimbun dan rindang. Ada juga aliran air dari bendungan yang dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi atau mandi. Namun, faktor tersebut membuatnya disukai oleh wisatawan yang tidak menyukai keramaian

Daya Tarik Air Terjun Tukad Cepung Bali

Setiap objek wisata yang ada di bali memiliki daya tarik dan pesona tersendiri yang membuat wisatawan ingin berkunjung. Salah satu tempat wisata di Bali adalah tukad cepung Bangli dengan berbagai keistimewaan yang di miliki, diantaranya :

Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Bali

Pemandangan Eksotis Air Terjun Di Antara Tebing

Jika air terjun lain bisa dilihat langsung dari tempat yang cukup jauh, yang ini tidak. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini terlihat cantik dengan tebing-tebing batu karangnya.

Hal inilah yang menjadikan keunikan dari lokasi wisata tersebut. Air yang mengalir dari tempat wisata itu luas dan lebar sehingga tidak berkumpul di satu titik. Hal inilah yang membuat Air Terjun Tukad Cepung terlihat seperti tirai yang terbentang.

Jika Anda menjelajahi Bali lebih dalam, keanggunannya tidak hanya ditemukan di destinasi laut atau keindahan pantainya. Namun, pesona lain dari Pulau Dewata ini bisa Anda temukan, salah satunya adalah Air Terjun Tukad Cepung.

Recommended : ATV Bali dengan Waterfall dan Terowongan – Promo Mulai 375rb

Air terjun ini terletak di tengah pulau Bali. Tempat ini berada di dalam gua terbuka. Pengunjung bisa melihat keindahan yang berpadu dengan goa seperti tirai di dalam rumah. Tempatnya cocok buat kamu yang suka foto-foto.

Tak ayal banyak model dari dalam dan luar negeri yang menjadikan tempat ini sebagai spot foto mereka. Jika air terjun lain bisa dilihat langsung dari tempat yang cukup jauh, yang ini tidak.

Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini terlihat cantik dengan tebing-tebing batu karangnya. Hal inilah yang menjadikan keunikan dari lokasi wisata tersebut. Air yang mengalir dari tempat wisata itu luas dan lebar sehingga tidak berkumpul di satu titik.

Hal inilah yang membuat Air Terjun Tukad Cepung terlihat seperti tirai yang terbentang. Kolamnya tidak terlalu dalam sehingga aman bagi yang menikmatinya. Pengunjung sering memanfaatkan kolam air sebagai objek foto.

Kolam airnya berpadu dengan bebatuan di dalam gua dan sinar matahari yang menembus celah-celah gua.

Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Bali

Pemandangan yang indah.

Pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit berjalan kaki untuk mencapai air terjun ini. Tidak ada akses kendaraan untuk langsung menuju Air Terjun Tukad Cepung. Hal inilah yang mengharuskan wisatawan melakukan tracking untuk sampai ke destinasi tersebut.

Banyak pohon rindang yang tumbuh subur di sekitar jalan. Panoramanya seolah menyatu dengan suara burung atau serangga yang ada di sini. Di jalan setapak ada aliran air tipis yang berasal dari air terjun.

Pijakan jalannya berupa bebatuan kecil dan halus khas sungai. Oleh karena itu, pengunjung harus mengenakan alas kaki dan pakaian yang nyaman.

Baca Juga : Daftar Objek Wisata di Bangli

Sesampainya di area air terjun, Anda bisa melihat bebatuan goa yang ditumbuhi lumut. Kombinasi hijau dari lumut dan hitam dari bebatuan adalah kombinasi yang sempurna. Hal inilah yang membuat tempat tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Wilayahnya berada di utara Kota Denpasar dan terletak di tengah pulau Bali. Kemudian, ambil jalan yang melewati Sanur dan belok kanan menuju Ida Bagus Mantra.

Destinasi wisata ini sebenarnya relatif mudah dijangkau karena masih berada di kawasan kota. Jam operasional Air Terjun Tukad Cepung mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tukad Cepung Bangli Bali

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Tiket masuk Tukad Cepung Tour seharga Rp. 15.000 sangat ramah kantong. Harganya terbilang murah mengingat pengunjung akan mendapatkan pengalaman mengunjungi air terjun yang unik.

Selain itu, ada juga jasa pemandu wisata di tempat ini. Pemandu dapat mengarahkan pengunjung ke tempat-tempat wisata yang indah ini.

Objek Wisata Air Terjun Tukad Cepung di Bali

Jika Anda ingin menyewa jasa mereka, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Mereka tidak mengenakan harga tertentu. Pengunjung dapat secara sukarela membayarnya.

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung

Berada di Central parkir air terjun tukad cepung, Jl. Tembuku, Tembuku, Kabupaten Bangli. Lokasinya sangat mudah di temukan karena kita sudah bisa mengakses dengan menggunakan google map.

Walaupun baru pertama kalinya berkunjung tapi anda tidak perlu bingung, karena lokasi google map anda akan langsung di bawa ke areal parkiran.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Tukad Cepung Bali

Berikut adalah aktivitas wisata yang bisa anda lakukan di objek wisata Air Terjun Tukad Cepung, Apa saja itu? yuk kita intip mulai dari yang terpopuler

Ambil Foto

Tempat wisata ini memang terkenal dengan eksotismenya yang sayang jika tidak diabadikan. Ada banyak hal yang bisa dijadikan objek untuk berfoto, seperti keindahan air terjun, deretan bebatuan gua yang eksotis, dan kolam air yang indah. Sinar matahari yang masuk ke tempat ini juga menciptakan keindahan tersendiri.

Pesona tempat ini memang tak terbantahkan. Terbukti dengan beberapa model yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek foto. Selain itu, beberapa orang juga sering menggunakan tempat ini sebagai objek untuk prewedding.

Menikmati Kejernihan Air Terjun

Air Terjun Tukad Cepung memiliki debit air yang cukup deras namun tidak berbahaya. Bentuk air terjun yang lebar membuatnya indah untuk dipandang. Namun, akan rugi jika tidak mencoba menikmati sensasi air terjun saat berkunjung ke tempat ini.

Airnya yang jernih dan jernih membuatnya mampu memantulkan sinar cahaya yang masuk melalui celah-celah gua dengan mudah. Aliran air terjun membentuk kolam di sekitarnya. Kolam renangnya tidak terlalu dangkal sehingga aman untuk bermain di dalamnya.

Pemurnian Diri

Sebelum memasuki tempat ini, wisatawan diwajibkan untuk melakukan penyucian diri. Petugas di tempat tujuan ini akan memberikan percikan air suci yang diperoleh saat upacara mesirat. Tujuan penyucian diri sebagai tanda pembersihan diri sebelum wisatawan memasuki kawasan wisata air terjun tukad cepung.

Di sekitar wilayah Air Terjun Tukad Cepung terdapat tempat untuk melakukan upacara melukat. Melukat adalah upacara spiritual untuk membersihkan jiwa dan pikiran. Nama lain melukat adalah Petirtaaan Nawa Tirta yang berguna untuk menyucikan diri.

Menikmati Sekitarnya

Seperti diketahui bahwa akses menuju air terjun ini adalah melalui jalan setapak. Momen saat melewatinya juga bisa dinikmati sambil berfoto-foto.Nuansa di sepanjang jalan ini terasa begitu indah dan tenang. Saus naturalnya adem jadi enak di rasakan. Sebelum sampai di air terjun, pengunjung akan melewati dasar lembah dan sungai.

Di tepi sungai terdapat tebing-tebing yang indah dan menarik sehingga menjadi pemandangan alam yang luar biasa. Pengunjung juga melewati celah sempit di antara bebatuan. Hal ini memberikan pengalaman berbeda saat menjelajahi keindahan pulau Bali.

Simak juga : Sunrise Jeep Tour Gunung Batur, Promo Mulai 300rb

Setelah sampai di air terjun, pengunjung bisa melihat secara langsung betapa indahnya gua di sini. Bebatuan gua mengapit sungai di kanan dan kiri seolah-olah membuat gerbang alam. Pesona air terjun yang unik dan mengesankan layak untuk dinikmati.

Demikian pembahasan mengenai destinasi objek wisata Air Terjun Tukad Cepung Bali, semoga artikel ini bermanfaat yan sobat travel. Sampai ketemu di artikel wisata berikutnya.

promohotel
  • Bagikan