Gembleng Waterfall, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

  • Bagikan
Gembleng Waterfall Bali, Location and Ticket Price

Gembleng Waterfall (Air Terjun Gembleng) merupakan sebuah air terjun kecil yang indah sisi timur pulau Bali yang jarang-jarang didatangi wisatawan. Ini bukanlah air terjun besar, tapi kolam batu bergaya infinity yang bisa Anda gunakan dan nikmati dengan panorama yang mengagumkan membuat gembleng waterfall pantas untuk didatangi.

Kali ini saya akan membuat panduan lengkap untuk membantu anda yang mau melakunan penjelajahan ke air terjun gembleng ini, termasuk bagaimana menuju kesini, waktu terbaik untuk berkunjung, dan daya tarik yang bisa diharapkan saat Anda datang ke air terjun yang mengagumkan ini.

Di mana Lokasi Gembleng Waterfall

Lokasi Air Terjun Gembleng ini berada di daerah Karangasem, Bali Timur. Tepatnya di desa Telun Wayah atau nama lainya desa Tri Eka Buana Sidemen Bali.

Gembleng Waterfall, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Bila kita memulai dari pusat wisata Seminyak, dan Kuta, jaraknya kurang lebih 2,5 jam berkendaraan. Bila Anda kebetulan bermalam di kawasan wisata gianyar, seperti Ubud, jaraknya lebih pendek yakni sekitaran 2 jam.

Tetapi bila anda memulainya dari kawasan wisata kintamani anda bisa mengambil jalan pintas menuju besakih dengan waktu yang lebih singkat kurang lebih 1 jam 30 menit. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat atau kunjungi link alamat google map ini.

Bagaimana Caranya ke Sini?

Untuk saat ini, cara terbaik dan paling mudah untuk sampai ke Bali timur dengan sepeda dan mobil pribadi atau sewaan bila anda seorang turis. Karena belum atau tidak ada angkutan umun yang bisa anda gunakan menuju Gembleng waterfall ( air Terjun Gembleng )

Bila Anda tinggal di kawasan Nusa Dua, Canggu, Seminyak, Kuta, atau Ubud, saya anjurkan untuk menggunakan sepeda motor atau mobil yang akan menempuh perjalanan 2,5 jam ke Desa Tri Eka Buana, Sidemen.

Perjalanan ke lokasi Gembleng Waterfall ini sangat menyenangkan karena anda akan melewati suasana pedesaan yang hijau dengan panorama sawah dan gunung.

Gembleng Waterfall, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Bagi anda seorang wisatawan, tentu kurang percaya diri dalam menggunakan sepeda motor. Maka saya ajurkan menggunakan mobil dengan sopir sendiri atau sewa mobil dengan sopir untuk berkeliling-keliling di Bali.

Sewa Mobil dengan sopir biasanya sudah termasuk

  • Sopir lokal yang sudah mengerti jalur tempat wisata yang ada di Bali
  • Penjemputan dari dan pengantaran ke hotel serta Bensin sudah termasuk di dalamnya. Jadi anda tidak perlu lagi memikirkan bensin, karena di daerah pedalaman sangat jarang ada pompa bensin.

Tiket Masuk ke Gembleng Waterfall

Khusus Air terjun Gembleng ini merupakan tempat suci dan sebagai lokasi yang dipakai oleh masyarakat hindu setempat untuk melakukan tradisi melukat (membersihkan diri).

Seiring waktu berjalan, Air Terjun Gembleng mulai dibuka untuk umum dan menjadi tujuan wisata air terjun yang makin terkenal.

Belum ada biaya tiket resmi bila ingin mengunjungi objek wisata air terjun Gembleng ini, tapi donasi diterima. Terserah Anda seberapa banyak yang ingin Anda berikan. Tetapi saya menyarankan untuk memberikan sekitaran Rp 5.000 – 15.000. Tentunya amal baik anda akan di balas oleh tuhan.

Donasi yang anda bayarkan akan di gunakan dalam pemeliharaan kawasan suci gembleng dan penataan akses menuju Waterfall ini.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Ini adalah salah satu dari beberapa air terjun di Bali dan air terjun di singaraja yang menurut saya setiap waktu dapat memerima kedatangan wisatawan.

Di sini lebih sepi bila di bandingkan dengan air terjun lain dan panorama serta latar belakangnya mengagumkan setiap waktu atau sepanjang hari.

Tetapi kadang-kadang ada upacara keagamaan yang ada di desa telun wayah sidemen ini yang menyebabkan akses menuju gembleng waterfall di tutup untuk umum.

Gembleng Waterfall, Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Daya Tarik dan hal yang bisa di harapkan

Gembleng Waterfall ( Air Terjun Gembleng ) memiliki kolam batu bergaya infinity dengan panorama paling epik dari hutan, sawah, dan pada hari yang cerah bahkan bisa melihat laut dari kejauhan. Ini benar-benar permata tersembunyi yang sempurna untuk sebuah poto.

Untuk mencapai Air Terjun Gembleng Anda betul-betul berjalan mendaki. tidak seperti umumnya air terjun Bali lainya, anda harus menuruni tangga terlebih dahulu untuk mencapai air terjun. Di sini anda harus melewati kurang lebih 60 anak tangga yang dangkal dan gampang, yang akan membawa Anda ke titik air terjun.

Untuk sampai ke kolam batu, Anda harus jalan melewati jembatan kayu gantung dan memegang beberapa batu. Berhati-hati lah sebab benar-benar licin, tapi tidak begitu jauh dan panorama di akhir 100% worth it.

Saat berkunjung, harus diingat ini ialah tempat suci untuk orang hindu Bali setempat. Jadi berlakulah dengan hormat dan perhatikan kesopanan, khususnya saat berjumpa warga di tempat.

Kolam renang infinity alami di atas merupakan tempat yang bisa untuk menangkap bidikan terbaik, dan sudah pasti, anda bisa berenang untuk menyegarkan diri di surga air tawar ini.

Gunakan topi penjelajah Anda dan berjalan-jalanlah ke set air terjun yang lebih tinggi, atau turun ke kolam terjun yang lebih rendah. Ada banyak sekali alam yang cantik untuk ditemukan!

Akses menuju air terjun

Tips Untuk Berkunjung

Pada bagian atas Anda akan menemukan sedikit Warung yang menjual minuman, camilan, bir, serta Arak (alkohol lokal), jadi saya anjurkan membawa uang tunai tambahan bila Anda ingin beli sesuatu.

Bawalah baju renang, tabir surya, handuk, dan sepatu supaya tidak basah atau sandal jepit. Dan hal nomor satu yang tidak dapat Anda lupakan ialah camera Anda!

Rangkuman

Gembleng Waterfall ( Air Terjun Gembleng ) merupakan sebuah karya seni yang persembahkan oleh alam. Panoramanya yang paling cantik, dan sejarah tempat itu, memberinya situasi yang paling spesial, serta magis.

Rasakan suasana dan air jernih di jacuzzi alami saat Anda santai dan biarkan mata Anda berkelana ke hutan tropis dan sawah yang mengelilingi Anda.

promohotel
  • Bagikan