Ketahui 7 persiapan Mendaki Gunung Batur | Tips Aman Untuk Pemula

  • Bagikan
7 persiapan Mendaki Gunung Batur | Tips Aman Untuk Pemula

Persiapan Mendaki Gunung Batur untuk Pemula, tertarik dengan pendakian gunung berapi di Bali? Jika iya, anda dapat memcoba mendaki gunung batur bali. Buat pengalaman hebat anda pada saat berlibur di bali dengan menyaksikan matahari terbit pertama di atas ketinggian 1717m dari permukaan laut.

Sebelum melakukan pendakian ke gunung batu, silahkan mencari informasi terkait beberapa tips dan persiapan mendaki gunung batur untuk pemula. Mendaki gunung sebagai salah satunya aktivitas wisata alam yang memberi kepuasan tertentu untuk pencinta pendakian.

Pengalamam hebat dengan Kecantikan pemandangan alam yang paling indah bisa kita rasakan sepanjang pendakian, ditambah lagi di saat tiba di puncak gunung Batur Kintamani Bali.

Tips dan Persiapan Mendaki Gunung Batur Untuk Pemula

Di Indonesia sendiri banyak memiliki gunung berapi yang dijadikan tujuan pendakian, seperti Gunung Bromo, Ijen, Rinjani dan yang lainnya. Kesempatan kali ini saya ingin membahas dan memberinya beberapa tips dan persiapan mendaki di gunung Batur Kintamani, ini sebagai gunung paling favorit yang berada di pulau Bali.

7 persiapan Mendaki Gunung Batur | Tips Aman Untuk Pemula

Berikut ini ialah 7 tips dan persiapan mendaki gunung batur. Mempersiapkan hal penting ini harus anda lakukan sebelum melakukan pendakian ke Gunung Batur Kintamani.

Mengapa harus disiapkan? Karena meskipun ketinggian gunung batur kintamani ini cuma 1.717 mdpl semua persiapan seperti stamina, fisik, dan bekal perlu untuk dipersiapkan. Karena itu, silahkan baca beberapa poin berikut!

1. Siapkan Fisik Dan Mental anda

Poin utama yang penting anda siapkan ialah fisik dan mental. Stamina dan fisik yang kuat saja tidak cukup bila mental kalian benar-benar lemah. Oleh karenanya, melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh sebelum memulai pendakian. supaya bisa memprediksi apa perlu bawa obat atau mungkin tidak.

Bila anda merasa kurang sehat atau tidak enak badan ataupun sedang sakit saat sebelum berangkat, maka dianjurkan tidak melakukan hal ini. Jangan sampai memaksakan diri untuk terus mendaki, karena pendakian tentu akan banyak menguras tenaga dan harus siap dalam hadapi cuaca di gunung yang kemungkinan berbeda dan lebih extrim tanpa kita duga.

2. Tetapkan dan persiapkan waktu yang tepat

Menentukan dan mempersiapkan waktu yang tepat sebagai hal Ke-2 yang perlu anda siapkan saat melakukan pendakian gunung Batur. Karena, keadaan alam bisa jadi berganti-ganti, seperti hadirnya hujan secara mendadak atau sedang musimnya.

Oleh karenanya, penting untuk kalian selalu untuk memeriksa keadaan cuaca terbaru terutamanya di kawasan Gunung Batur Kintamani supaya kamu bisa menyiapkan perlengkapan seperti yang diperlukan.

Pendakian gunung batur Kintamani memerlukan waktu kurang lebih 1.45 – 2 jam untuk sampai di puncak. Umumnya, beberapa pendaki pergi mendaki pada jam 04.00 subuh dan sampai di pucuk pada jam 06.00. Berdasar prediksi waktu ini kalian bisa sampai di pucuk pas ketika waktunya untuk menyaksikan matahari terbit.

3. Persiapkan Peralatan Mendaki

Sesudah mengetahui perkiraan cuaca yang bakal terjadi saat mendaki gunung Batur Kintamani, kamu bisa menyiapkan peralatan sesuai keperluan. Seperti sepatu gunung yang bakal mempermudah ada anda berjalan pada arel berbatu, berpasir, atau berlumpur.

Disamping itu, siapkan juga pakaian hangat yang cukup, jika dapat yang mempunyai sifat anti air supaya, bila sedang turun hujan tidak basah kuyup.

Juga penting untuk di perhatikan, untuk menyiapkan plastik sampah sendiri, supaya sekecil apapun sampah yang anda bawa ke atas puncak gunung dapat anda bawa kembali turun dengan komplet. Ini mempunyai tujuan untuk menjaga kelestarian dan keindahan alam di kawasan Gunung Batur Kintamani.

4. Menyiapkan Perbekalan Sepanjang Perjalanan

Menyiapkan perbekalan sepanjang perjalanan akan menolong untuk memelihara stamina anda. Saat ada dalam perjalanan ke arah puncak gunung batur kintamani, anda akan beristirahat di sejumlah pos.

Oleh karenanya, kamu harus mempersiapkan bekal makanan seperti roti atau camilan siap saji. Anda dapat bawa air mineral seperlunya supaya tidak dehidrasi sepanjang perjalanan.

5. Menyiapkan pemandu dalam mendaki gunung Batur.

Memakai layanan pemandu local saat melakukan pendakian gunung batur ialah hal yang penting untuk pemula. Untuk pemula, tentu saja anda belum tahu tentang jalur pendakian dan keadaan sepanjang perjalanan, karena itu jangan sampai untuk coba mendaki sendirian.

Oleh karena itu saya anjurkan memakai layan pemandu trekking gunung batur, karena anda akan ada di tangan yang pas dan aman. Mereka umumnya melakukan pendakian tiap hari, jadi tentu saja mereka telah hafal dengan keadaan, dan jalur yang mana harus diambil dalam pendakian.

Baca Juga : Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali | Wisata Petualangan di Bali

Ketentuan ini mempunyai tujuan supaya kalian dapat terhindar dari risiko kehilangan arah, kecelakaan, atau hal yang lain yang dapat memberikan ancaman keselamatan. Disamping itu, bila kamu bisa pergi bersama kawan-kawan lainnya, kamu akan rasakan kekeluargaan yang paling kuat untuk saling jaga satu sama lain sepanjang diperjalanan.

6. Persiapkan dan Bawalah Camera atau Hp yang Memiliki kamera

Selainnya hal di atas, Camera sebagai poin utama yang lain untuk anda yang ingin mendokumentasikan beberapa momen sepanjang perjalanan. Benar-benar direferensikan bawa camera atau smartphone. karena gunung Batur Kintamani ini mempunyai panorama yang paling cantik, benar-benar sayang bila anda melewatinya.

Selain berseberangan dengan gunung Abang dan gunung Rinjani, kawah atau kaldera gunung batur terlihat benar-benar memikat . Maka tidak boleh ragu untuk menjadikan gunung batur kintamani sebagai tujuan khusus anda dalam pendakian.

7. Pemilihan Jalur Pendakian

Yang paling akhir ialah pilih jalur pendakian yang cocok dan gampang. Tentu saja, ada banyak jalur pendakian yang dapat kamu lewati. Ada yang susah dan ekstrem, ada juga yang gampang.

Harus dipahami, jalur yang bakal dilewati ke arah puncak tentu tidak jauh dari jalan berbatu, jalan berpasir, dan jalan berlumpur. Umumnya jalur berpasir dan berbatu tajam akan kamu rasakan saat mendaki, sedang jalur yang licin akan dilewati saat turun dari puncak.

Baca Juga : Mengenal Start Point Pendakian Gunung Batur – Pilih jalur termudah ini

Oleh karenanya, kalian harus pandai pilih lajur yang tentu saja tidak mencelakakan keselamatan anda. Peranan pemandu pendakian benar-benar penting di sini untuk memberikan petunjuk yang pas saat menentukan jalur pendakian.

promohotel
  • Bagikan