Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali | Wisata Petualangan di Bali

  • Bagikan
Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali, Apa sahabat travel menggemari kegiatan pendakian? jika iya, tidak salah bila memilih Gunung Batur sebagai aktivitas mendaki selanjutnya. Baik, sebelum kita membahas mengenai panduan, hal yang di siapkan dan berapa jam mendaki gunung batur, sebaiknya kita ketahui lebih dulu mengenai Gunung Batur Kintamani Bali.

Sekarang ini, banyak wisatawan yang melakukan aktivitas pendakian ke gunung batur. baik wisatawan luar negeri atau lokal. Mereka tertarik pada pemandangan mempesona matahari terbit di pucuk gunung Batur Bali.

Kegiatan mendaki gunung batur kintamani Bali memberinya pengalaman mengagumkan di atas ketinggian 1.717 mtr. dari permukaan laut dengan temperatur udara kurang lebih 18 – 27 drajat celcius.

Sejarah Gunung Batur Kintamani Bali

Gunung Batur sebagai gunung berapi aktif kedua sesudah gunung Agung, yang berada di desa Songan, Batur, Kintamani Bali. Bila dikutip dari sejarah, dahulunya Gunung Batur sebagai gunung besar dan menjadi satu kesatuan dengan gunung Abang dengan ketinggian 2.152 mtr. dari permukaan laut.

Sesudah terjadi letusan besar yang terjadi pada 29.300 tahun silam, gunung Batur baru tercipta dan berada pas di tengah-tengah kaldera cantik dengan gunung Abang sebagai pucuk paling tinggi dari kaldera ini.

Berdasarkan catatan, semenjak tahun 1.804 sampai tahun 2.000 gunung Batur mengalami letusan sampai 26 kali. Di mana letusan paling besar terjadi di tahun 1.926 dan menelan lebih dari 200 jiwa.

Di tahun 1.963 letusan besar kembali terjadi. Tapi semenjak tahun itu telah ada instansi yang ditugaskan untuk memantau aktivitas vulkanik dari gunung Batur.

Mereka memberikan signl kepada warga sekitaran lereng gunung hingga tidak ada korban jiwa. Letusan paling akhir terjadi di tahun 2.000 dengan rasio kecil yang terjadi sepanjang dua minggu. Petugas ini selalu mengawasi aktivitas dari gunung batur hingga saat ini untuk pastikan semua aktivitas mendaki gunung batur selalu aman.

Harga Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Untuk biaya mendaki gunung batur biasanya di hitung per orang kisaran 125.000 sampai 400.000 tergantung jumblah anggota group anda yang akan melakukan pendakian.

Biaya yang anda akan bayarkan sudah termasuk tiket masuk kawasan pendakian, peralatan pendakian, Air minum dan Pemandu trekking lokal yang sudah hafal dengan seluk beluk gunung Batur.

Apakah bisa mendakai gunung batur tanpa guide? Bila anda ingin menekan biaya, mendaki tanpa guide sah-sah saja bilamana anda adalah seorang pendaki profesional. Tetapi bila anda seorang pemula dan baru pertama kali melakukan pendakian gunung Batur, jangan coba-coba.

Karena anda akan berjalan sendirian di bawah kegelapan tanpa ada orang yang mengerti seluk beluk gunung batur di samping anda. Karena banyak pendaki yang tersesat saat berada di pertengahan, disebabkan karena banyaknya persimpangan yang harus anda lalui.

Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Pengalaman Hebat di Puncak Gunung Batur

Mayoritas perjalanan pendakian gunung Batur dilaksanakan saat subuh untuk melihat sunrise atau matahari terbit . Maka anda harus merasakan perjalanan di bawah kegelapan di tengah-tengah hutan sepanjang 2 jam sampai tiba saatnya anda berdiri di puncak gunung batur.

Aktivitas hebat biasaya diikuti oleh ratusan lebih wisatawan atau pendaki yang datang dari berbagai negara. Aktivitas mendaki gunung batur biasanya diawali pada jam 4 pagi dan anda akan berada di puncak gunung Batur sekitaran 5.30 atau 6 pagi.

Lalu berapa jam mendaki gunung batur? Untuk pendakian ini memerlukan waktu paling lambat 2 jam ke puncak gunung di titik poin matahari terbit pertama. Oleh karenanya, kita harus sudah berada di puncak sebelum matahari terbit.

Jika mendaki gunung batur kintamani Bali di usahakan memakai pemandu lokal supaya tidak salah jalan. Pemandu trackking benar-benar ramah, selalu berikan motivasi, dan selalu temani anda di sepanjang pendakian. Mereka telah terlatih lakukan pekerjaan ini dan nyaris tiap hari menekuni pekerjaan ini, jadi saya berpikir anda sedang berada di tangan orang tepat.

3 point penting yang harus dipahami dan disiapkan sebelum mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

Saat sebelum anda mendaki gunung Batur, berikut ini ada 3 pertanyaan khusus yang perlu anda kenali saat sebelum mengawali pendakian. Silakan baca apa saja itu?

1. Berapa susahkah Mendaki Gunung Batur Bali?

Pertanyaan ini akan muncul dalam benak pendaki, yang perlu untuk dipahami ialah berapa susah untuk mendaki? Bila Anda aktif tiap hari dan mempunyai tingkat cardio yang cukup, tentu saja Anda tidak akan mengalami kesusahan pada kondisi ini.

Untuk sebagian orang, mendaki Gunung Batur Bali memerlukan waktu sekitaran dua jam. Tetapi bila waktu istirahat Anda semakin sedikit, pendakian semakin lebih cepat. Dan perlu Anda kenali yakni mendaki gunung berapi dengan ketinggian 1.717 mtr. atau 5.633 kaki di permukaan laut.

Bagaimana dengan pendaki pemula? Untuk pemula dan mempunyai kondisi bugar tentu saja ini tak akan susah. Karena dalam trackking telah disiapkan 2 tempat beristirahat saat sebelum sampai di titik sunrise. Kami percaya Anda dapat melakukan dengan gampang.

Mendaki Gunung Batur Kintamani Bali

2. Apa yang perlu digunakan saat Mendaki Gunung Batur Bali?

Temperatur dan cuaca di Gunung Batur saat malam hari benar-benar dingin, sekitaran 18 derajat Celcius. Temperatur ini pasti berbeda bersamaan dengan tingkat ketinggain yang ada capai. Karena itu, saya anjurkan untuk bawa sweater atau jaket untuk saat yang lebih dingin saat mendaki. Cuaca dingin akan terjadi pada awal pendakian dan di pucuk.

3. Apa yang perlu dibawa dan diperlukan di saat mendaki gunung batur?

Bawa tas ransel, air extra, dan beberapa camilan, tongkat, lampu kepala atau senter dan camera. Bila anda memakai layanan paket mendaki gunung batur, umumnya seluruh keperluan pendakian telah ada. Pemandu Anda akan memberikan Anda lampu depan atau senter saat trackking.

Bawa camera atau hp yang ada cameranya. Ini kemungkinan salah satunya pengalaman terluar biasa untuk Anda. Karenanya, camera, go pro atau hp sangat penting untuk mendokumentasikan matahari keluar di pucuk Gunung Batur yang mengagumkan. Tidak boleh terlewat ini!

Baca Juga : Danau Buyan and Tamblingan Jungle Trekking

Nah itu dia sedikit informasi tentang mendaki gunung Batur Kintamani Bali, sebagai tempat menikmati kemunculan matahari terbit dan samudra awan di atas ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Semoga bermanfaat.!!

promohotel
  • Bagikan