Mendaki Puncak Bukit Trunyan, Apakah Bisa Mendaki Tanpa Guide

  • Bagikan
Mendaki Puncak Bukit Trunyan, Apakah Bisa Mendaki Tanpa Guide

Mendaki Puncak Bukit Trunyan adalah kegiatan pendakian baru yang ada di atas desa trunyan. Tepatnya di sebelah Gunung Abang Kintamani, Bangli. Walaupun terbilang baru, banyak wisatawan yang melakukan aktivitas mendaki puncak bukit Trunyan saat ini.

Karena pemandangan yang di sajikan dari atas puncak Bukit Trunyan ini sangat indah dan mengagumkan. Puncak Bukit Trunyan ini memiliki ketinggian 1.834 mdpl. Lebih tinggi bila di bandingkan dengan puncak gunung Batur yang hanya 1.717mdpl.

Bila anda sudah pernah mendaki gunung batur maupun gunung abang, kini saatnya anda mencoba pengalaman baru di Puncak Bukit Trunyan ini. Namun ingat jangan melakukan pendakian seorang diri atau tanpa di temani seorang Guide.

Mendaki Puncak Bukit Trunyan Tanpa Guide, Apakah bisa?

Bila anda sudah pernah melakukan pendakian ke puncak trunyan sebelumnya, dan ingin mendaki bukit trunyan ini sendirian atau tanpa guide adalah sah sah saja. Tapi ingat anda sudah mengetahui jalur pendakian Puncak Bukit Trunyan ini.

Tetapi tidak di sarankan bagi anda seorang pemula yang ingin melakukan pendakian Puncak Bukit Trunyan tanpa guide. Sangat beresiko dan mengancam keselamatan serta sangat sering terjadi pendaki yang kehilangan arah.

Membayar lebih sedikit untuk layanan guide, kenyamanan dan rasa aman dari kehilangan arah akan anda proleh sepanjang perjalanan mendaki puncak bukit Trunyan yang berada di sebelah utara gunung abang Bali.

Jalur Pendakian Bukit Trunyan

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pendakian ke Bukit Trunyan tanpa Guide maupun dengan Guide, ada baiknya mengetahui jalur pendakian yang ada di bukit trunyan.

Untuk saat ini, terdapat dua lokasi start point atau jalur yang bisa anda gunakan untuk mencapai puncak bukit trunyan ini. Tetapi dari 2 jalur ini lokasinya sangat berbeda jauh, di lihat dari posisinya. Berikut adalah jalur pendakian bukit Trunyan;

1. Mendaki melalui Desa Trunyan

Jalur ini terletak di Desa Trunyan yang berada di sebelah timur danau Batur. Mungkin anda pernah dengar tentang Desa Trunyan? Desa Trunyan merupakan salah satu desa bali kuno ( Bali Aga ) yang di tempati oleh warga Bali asli dengan budaya dan tradisi yang berbeda dengan warga Bali pada umumnya.

Mendaki Puncak Bukit Trunyan, Apakah Bisa Mendaki Tanpa Guide

Selain Desa Tenganan, Desa Trunyan terdaftar sebagai salah satu desa bali aga yang menjadi objek wisata di Bangli. Keunikan yang di miliki adalah sistem penguburan warga yang meninggal yang hanya di letakkan di Bawah pohon saja. Di biarkan sampai bertahun-tahun.

Dari desa trunyan kita melewati Pura Pancering jagat yang ada di timur desa ini, kemudian pendakian memerlukan waktu 3 jam sampai 3 jam 30 menit untuk sampai ke puncak bukit trunyan kintamani. Start point pendakian ini menjadi jalur yang paling populer di bandingkan jalur satunya.

2. Mendaki Lewat Desa TIM, Tianyar

Start point pendakian puncak bukit trunyan ini berada di timur bali, tepatnya di kabupaten karangasem. Karena jauh dari kawasan wisata bali tengah, bali barat, bali selatan menjadikan jalur pendakian ini jarang di gunakan.

Namun sangat memungkinkan bila anda sedang liburan dan bermalam di kawasan objek wisata Karangasem. Tentunya ini lebih lekat bila dijangkau dari karangasem bali.

Nah bila anda berencana melakukan pendakian ke tempat ini, sekarang anda bisa memilih lokasi mana yang akan anda pilih untuk start poin pendakian bukit trunyan.

Daya Tarik Bukit Trunyan

Berbicara tentang daya tarik di bukit trunyan, banyak panorama mengagumkan yang akan ada temukan di sini. Keindahan itu akan ada temukan saat pendakian hingga mencapai titik puncak bukit trunyan. Berikut sedikit tentang daya tarik yang ada;

  • Dari ketinggian bukit trunyan anda akan melihat caldera Gunung Batur dan danau Batur yang di selimuti kabut tipis yang membuat panorama indah dan menyejukkan.
  • Kemudian kita juga bisa melihat Pemandanngan sekitar bukit Songan yang indah saat pagi dan sore hari,
  • Panorama laut bali yang bisa di lihat dari kejauhan serta laut Lombok di bagian timurnya,
  • Anda bisa melihat Gunung tertinggi yang di pulau Lombok yaitu gunung Rinjani dengan sangat jelas.
  • Selain Gunung Rinjani, tentunya anda juga melihat Gunung Abang dan Gunung Agung, serta Pemandangan perbukitan yang begitu sangat cantik.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Puncak Bukit Trunyan

Berikut adalah kegiatan wisata yang bisa anda lakukan di bukit trunyan yang biasa wisatawan lakukan untuk mengisi liburan mereka di Bali. Diantaranya;

Melihat Matahari Terbit ( Sunrise )

Mendaki Puncak Bukit Trunyan, Apakah Bisa Mendaki Tanpa Guide

Dengan panorama matahari terbit yang tidak kalah dengan puncak gunung batur maupun puncak gunung abang. mayoritas para pendaki rela berkalan di bawah kegelapan pada dini hari sebelum matahari terbit.

Tetapi anda harus siap bangun lebih awal dan mulai pendakian sekitar jam 2 pagi dan akan tiba di puncak bukit sekitar jam 5 pagi. Ini adalah waktu yang tepat untuk menunggu munculnya matahari terbit.

Melakukan Bukit Trunyan Camp

Mendaki Puncak Bukit Trunyan, Apakah Bisa Mendaki Tanpa Guide

Selain mendaki di pagi hari, anda juga bisa mendaki pada siang hari. Ini sangat cocok bagi kalian yang suka berkemah. Puncak Bukit Trunyan ini menyediakan tempat camping yang cukup luar dengan panorama perbukitan yang hijau dan indah.

Saat ini tempat camp yang ada di Bukit Trunyan sudah di kelola dengan baik, terbukti dengan suguhan fasilitas yang cukup memadai pula. Selain sunrise, jika melakukan camping di tempat ini kalian juga dapat melihat keindahan sunset yang cantik.

Pantangan dan Tips Mendaki Puncak Bukit Trunyan Tanpa Guide

Berikut andalah pantangan dan tips mendaki bukit trunyan baik yang mau mendaki sendirian tanpa guide maupun dengan guide.

Masyarakat bali sangat percaya dengan bukit atau gunung yang tinggi sebagai kawasan suci, dan banyak juga kawasan suci dan magis di bali. Karena itu bali dikenal dengan pulau seribu pura yang kental dengan magis dan spiritualistis. Yuk lihat apa saja itu;

  1. Selama pendakian, hindari perkataan yang kurang sopan, berbicaralah  yang sopan selama pendakian,
  2. Untuk wanita sedang haid datang bulan sebaiknya menunda untuk mendaki,
  3. Jangan membuang sampah sembarangan.
  4. Tips agar pendakian berjalan sesuai keinginan adalah siapkan diri baik secara fisik maupun mental,
  5. Kemudian bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya,
  6. Bawalah pakain ganti karena sepanjang perjalanan banyak terdapat pohon pinus yang basah. Sehinga terkadang membuat pakain menjadi basah.
  7. Membawa mantel atau jas hujan terutama jika kalian mendaki pada musim hujan,
  8. Selalu mendaki bersama warga lokal atau pemandu dalam melakukan pendakian bukit trunyan

Nah itu dia sedikit informasi tentang tisp mendaki puncak bukit trunyan tanpa guide maupun dengan guide. Semoga ini bisa menambah pengetahuan anda tentang pendakian aman di Bali. Untuk informasi paket mendaki ke puncak Bukit Trunyan anda bisa hubungi whatsapp : 081217205656

promohotel
  • Bagikan