Pemandian Air Panas Kintamani – 5 nama air panas di Toya Bungkah

  • Bagikan
Pemandian Air panas Kintamanit

Pemandian Air panas Kintamani merupakan tempat wisata kolam renang dengan air panas alami dan datang dari perut gunung berapi. Yaitu gunung berapi Batur Kintamani. Ini merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi selama liburan di Bali.

Tetapi, tempat pemandian air panas di pulau Bali bukan hanya ada di tempat wisata Kintamani. Namun bali menyediakan banyak pemandian air panas yang bisa anda coba. Satu diantaranya ialah pemandian air panas Banjar yang terletak di Singaraja. Akan tetapi, khusus pada halaman ini, saya akan menulis tentang pemandian air panas di Kintamani.

Suhu Air panas di Kintamani

Sebenarnya suhu air panas di Kintamani sekitar 50° Celcius, kemudian di alirkan ke kolam pemandian. Suhu yang akan sampai di kolam menjadi 37° – 40° Celcius. Penurunan suhu air panas dari sumber tinggi sekali, kurang lebih 10° Celcius. Karena wilayah pemandian yang ada kawasan pegunungan dengan suhu sejuk.

Air panas yang dari pegunungan langsung dari sumber mata air panas tanpa pemrosesan, jadi benar-benar alami. Air panas memiliki kandungan mineral yang paling baik untuk kesehatan tubuh. Seperti menghilangkan memar, pemulihan penyakit rematik, untuk rileksasi dan peremajaan kulit.

5 Tempat Wisata Air Panas Alami di Kintamani

Untuk wisatawan yang ingin nikmati wisata air panas alami di Kintamani. Sekarang ini ada banyak lokasi yang menjadi alternatif. Beberapa dari pebisnis pariwisata yang meningkatkan usaha air panas alami yang di kemas dalam bentuk pemandian kolam air panas.

Diantaranya: Toya Devasya Natural Hot Spring, Batur Natural Hot Spring, Arlina’s Hotel dan Restoran, Puri Bening Hayato, Be Emas dan sebagainya.

Untuk fasilitas yang di sediakan oleh tiap-tiap penyedia layanan wisata air panas alami di kintamani ini berbeda. Dari bentuk kolam untuk pemandian, kamar ganti dan bilas, dan restaurant pendukungya selalu berbada.

Tetapi keunikan khusus dan keungulan pada tiap tempat untuk menikmati mandi dengan air yang memiliki kandungan belerang ini bisa diputuskan sesuai keinginan.

1. Toya Devasya Natural Hot Spring

Toya Devasya - Pemandian Air Panas Kintamani

Awalnya Toya Devasya bernama Tirta Sanjiwani (sekitaran tahun 1996), termasuk pengembang wisata kolam air panas yang paling pertama di wilayah Kintamani. Dan sudah dikembangkanya beberapa fasilitas dan program wisata penjelajahan, hingga saat ini namanya Toya Devasya Natural Hot Spring

Toya Devasya Hot Spring memiliki delapan kolam air panas alami dan satu kolam hangat berukuran olimpiade. Dipanaskan jauh di dalam bumi, mineral dari mata air panas yang tidak berwarna dan tidak berbau membawa kekuatan penyembuhan dan penyembuhan.

2. Batur Natural Hot Spring

Pemandian Air Panas Kintamani - 4 Nama dan lokasi air panas di Kintamani

Nama Batur Natural Hot Spring sangat terkenal karena nama wilayah menjadi merek layanan pemandian air panas. Bila ingin nikmati mandi air panas alami di Bali, terutamanya di Kintamani ini, Batur Natural Hot Spring sebagai opsi yang paling tepat.

Dengan konsep kolam yang bagus membuat tradisional membuat tempat ini selalu ramai oleh wisatawan. Memakai bahan batu alam sebagai lantai dan dinding kolamnya. Bangunannya juga menyengaja di bikin sederhana dengan sentuhan ciri khas Bali.

Ciri khas tempat pemandian air panas Kintamani ini adalah kain Poleng (kain warna tiga warna, hitam, abu, dan putih, atau merah, abu dan putih) terlihat sebagai kain pada beberapa lokasi yang terpasang. Di samping menggunakan nama wilayah, kolam air panas alami ini juga di kenal dengan nama kolam air panas alami Toya Bungkah, Kintamani.

3. Pemandian Air Panas Tirta Usadha

Pemandian air panas alami di kintamani

Tirta Usadha merupakan salah satu pemandian air panas yang berada kintamani. Tepatnya berada di Jl. Pendakian Gn. Batur, Batur Tengah, Kintamani, Batur Tengah, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Ini merupakan tempat wisata pemandian air panas alami yang di buka untuk masyarakat Umum, sama seperti ke dua tempat pemandian di atas, Tirta Usahda juga menyediakan kolam, tempat bersalin dan loker dengan harga yang hampir sama dan sedikit lebih murah.

4. Airlina’s Hotel dan Restoran

Pemandian Air panas alami Kintamani di Airlina’s Hotel dan Restoran adalah tempat bermalam di Toya bungkah yang memberikan dukungan fasilitas air panas alami sejak lama. Kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata kolam air panas pas di samping kamar hotel.

Berlainan dengan Batur Alami Hot Spring dan Toya Devasya, di mana nikmati merendam sekalian meikmati panorama Danau Batur, tetapi Arlina’s Hot Spring lebih bersuasana rileks, dan panorama Gunung Batur yang membubung tinggi, bisa di nikmati dari tempat ini.

5. Puri Bening Hayato Hotel

Ini merupakan salah satu hotel di Toya Bungkah, Kintamani ,yang memiliki dan sanggup memuat sekitaran 150 orang ini memiliki sarana klolam air panas alami yang berada pada bagian belakang hotel.

Ada dua sisi kolam, kolam yang kecil yang bisa di gunakan untuk melakukan pemandian air panas, dan kolam yang luas untuk berenang. Biasaya di peruntukkan bagi pengunjung hotel atau tamu yang menginap di sini.

Fasilitas Pemandian Air Panas di Toya Bungkah

Sama seperti tempat pemandian di Bali, fasilitas yang disediakan berupa, toilet, kamar ganti, loker pasti disediakan di semua tempat pemandian. Tetapi pemandian air panas di kintamani biasaya menyediakan banyak kenyamanan pengunjung.

Selain fasilitas di atas pemandian yang ada di Toya Bungkah Kintamani juga menyediakan restouran, gasebo untuk bersantai ria, pool bar, handuk mandi.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Kintamani

Untuk harga tiket masuk ke pemandian air panas alami yang ada di Toya Bungkah kintamani, rata-rata mereka memasang harga yang sama. Berikut adalah harga tiket masuk ke Toya Devasya & Batur Natural Hot Spring yang harus anda siapkan

KategoriHarga Tiket Masuk
DewasaRp. 70.000/ orang
Anak-anakRp. 35.000/ orang
Wisatawan AsingRp. 190.000/ orang

Tempat wisata yang berada di Kintamani

Bila anda ingin menggabungkan atau mengunjungi tempat wisata yang ingin di kunjungi setelah berwisata di air panas alami Toya Bungkah Kintamani. Berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang bisa jadi alternatif berikutnya

  1. Desa Kedisan Kintamani – Tempat untuk menikmati pemandangan gunung batur dan danau batur sambil menikmati makan siang
  2. Mendaki Gunung Batur – aktivitas yang di lakukan dini hari untuk melihat matahari terbit dari puncak gunung Batur
  3. Desa Trunyan – Melihat tradisis bali aga dalam melakukan penguburan orang meninggal hanya di taruh di bawah pohon Taru Menyan

Nah itu dia sedikit tentang pemandian air panas yang ada di kintamani, semoga bisa menambah informasi tentang tempat wisata yang ada di Bali saat ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali yang sudah buka

promohotel
  • Bagikan