Pesona Pura Ulun Danu Bedugul Menjadi Simbol Kecantikan Budaya Bali

  • Bagikan
Pesona Pura Ulun Danu Bedugul

Pesona Pura Ulun Danu Bedugul Menjadi Simbol Kecantikan Budaya Bali – Sebagai pulau dengan budaya Hindu yang kental, tidak heran jika Bali memiliki banyak pura peninggalan purbakala dengan arsitektur yang indah. Salah satu yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu Bedugul Bali adalah pura yang paling terkenal di pulau Bali. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali dikenal juga dengan nama Pura Candi Kuning. Kecantikannya sudah bukan rahasia lagi.

Pura Ulun Danu terletak di Danau Beratan, Candi kuning, Baturiti, Tabanan. Pesona keindahan yang ditawarkan sungguh berbeda dengan pura lainnya di Pulau Dewata.

Sejarah Pura Ulun Danu Bedugul

Selain itu, kami memberikan informasi tentang tempat wisata menarik di Bali selain Kuta. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya gedung fenomenal ini dan apa saja fakta menarik di baliknya? Daripada penasaran, yuk simak satu persatu!

Pesona Pura Ulun Danu Bedugul

Daerah ini merupakan daerah yang sangat subur dan berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga beriklim dingin.

Sejarah berdirinya Pura Ulun Danu Beratan dapat dilihat pada salah satu cerita dalam Lontar Badad Mengwi dimana dikisahkan tentang seorang bangsawan Singaraja bernama I Gusti Agung Putu yang mengalami kekalahan perang dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng.

Untuk bangkit dari kekalahan, I Gusti Agung Putu bersemedi di puncak Gunung Mangu untuk mendapatkan kekuatan. Selesai dari pertapaannya, ia mendirikan Keraton Belayu. Kemudian dia kembali berperang dan menang.

Pura ulun danu terletak di depan danau beratan. Danau Beratan adalah salah satu danau terbesar di Bali. Karena letaknya yang berada di tepi danau, Pura Ulun Danu Beratan juga sering menjadi objek wisata di Bali.

Daya Tarik Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Selain wisata sejarah, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu Beratan. Di Danau Beratan juga terdapat permainan air (Banana Boat, Jetski) dan juga memancing di tepi danau.
Diperkirakan sekitar 100 turis asing dan ribuan turis domestik datang ke Pura Ulun Danu dalam sehari.

Harga tiket yang disediakan hanya Rp. 10.000.00, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam Ulun Danu Beratan. Spot paling favorit di Ulun Danu Beratan adalah menyewa perahu yang diantar oleh sopir ke tengah danau. Kita bisa berfoto dan foto bisa langsung dicetak dan diambil hanya dengan Rp. 25.000.00

Baca juga : 9 Tempat Instagramable di Bedugul Bali 2021

Selain Danau Beratan, wisatawan juga dapat mengunjungi Kebun Raya Eka Karya yang terletak sekitar ±300 meter dari Pura Ulu Danu Beratan. Hanya sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perjalanan menuju pura, wisatawan melewati jalan setapak yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias yang indah.

Usia yang Sangat Tua

Pura Ulun Danu diperkirakan sudah berdiri sebelum tahun Saka 1556 dan diprakarsai oleh I Gusti Agung Putu, pendiri kerajaan Mengwi.

Di bagian depan terdapat sarkofagus dan papan batu yang diperkirakan sudah ada sejak zaman Megalitikum. Semua fakta tersebut jelas tertuang dalam sebuah dokumen sejarah yang disebut lontar Babad Mengwi.

Terdiri Dari Lima Candi yang Berbeda

Ada lima pura yang berdiri di dalam kompleks Pura Ulun Danu. Candi-candi tersebut adalah Penataran Agung, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan Prajapati. Masing-masing didirikan dengan filosofi khusus dan memiliki fungsi khusus dalam ibadah.

Fasilitas Lengkap

Pura Ulun Danu ini telah lama dibuka sebagai tempat objek wisata. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas. Di kawasan sekitar sudah banyak terdapat restoran dan penjual oleh-oleh khas Bali. Tapi jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Tips Mengunjungi Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu juga dikenal sebagai pura terapung atau pura terapung. Keindahannya memang luar biasa, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke sini. Beberapa dari mereka adalah:

  • Objek wisata ini dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Seminyak atau 1,5 jam jika berangkat dari Ubud.
  • Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah. Parkir mobil dikenakan biaya 5 ribu rupiah sedangkan sepeda motor hanya dikenakan biaya 2 ribu rupiah.
  • Kompleks wisata Ulun Danu buka antara pukul delapan pagi hingga pukul enam sore. Namun terkadang ada beberapa orang yang datang lebih dulu untuk melihat matahari terbit.
  • Selain berkeliling danau dan menjelajah di dalam pura, wisatawan juga memancing di sini.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat ketinggian air maksimal, sehingga candi terlihat seperti benar-benar mengambang.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Tentang Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali merupakan salah satu dari 9 Pura Kahyangan Jagat yang ada di pulau Bali, sehingga pura ini merupakan salah satu pura terpenting bagi masyarakat Hindu Bali. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali terdiri dari 5 pura dan 1 stupa yaitu:

  1. Pura Penataran Agung
  2. Pura Lingga Petak (terletak di atas Danau Beratan)
  3. Pura Dalem Purwa
  4. Pura Prajapati
  5. Pura Taman Beji
  6. Pura Buddha Stupa

Pura ini dibangun oleh I Gusti Ngurah Agung Putu sebagai syukuran setelah berhasil mengalahkan musuhnya I Gusti Ngurah Agung Tumpeng dan sampai sekarang Pura Ulun Danu Bedugul Bali masih digunakan sebagai tempat pemujaan kepada Sang Hyang Widhi. .

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bedugul Bali

  • Wisatawan domestik anak Rp 7.500,-
  • Wisatawan domestik dewasa Rp 10.000,-
  • Wisatawan anak asing Rp 15.000,-
  • Wisatawan dewasa asing Rp 30.000,-
  • Sepeda motor Rp 2.000,-
  • Mobil Rp 5.000,-
  • Bus Rp 10.000,-

Mengenal Pura Ulun Danu di Danau Beratan yang Menjadi Ikon Wisata Dunia di Lonely Planet

Berikut adalah alasan mengapa pura hindu ini menjadi ikon wisata yang bisa anda jumpai dengan kemegahan dan keindahannya.

Terletak di tepi Danau Beratan, Bedugul.

Ulun danu berarti hulu danau. Jadi, Pura Ulun Danu mengacu pada pura yang berdiri di tepi Danau. Candi ini merupakan salah satu bangunan di kompleks candi air di Desa Candikuning.

Tempat Pemujaan Dewi Danu

Pura Hindu ini dibangun pada abad ke-17, tepatnya pada tahun 1633. Pura Ulun Danu Beratan didedikasikan untuk pemujaan Dewi Parwati, dewi air, danau, dan sungai yang juga istri Dewa Siwa.

Bangunan Atap Pura Bali

Meski ditujukan untuk pemujaan Dewi Danu yaitu Parwati, namun bangunan ini tetap mengikuti ciri khas pura Bali yang memiliki sejumlah atap bertingkat yang berbeda, mewakili tiga dewa Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Pesona Pura Ulun Danu Bedugul

Menjadi Ilustrasi Uang Kertas Rp50 Ribu

Pura terbesar kedua di Bali setelah Pura Besakih juga ada di uang kertas kita lho. Lihatlah uang kertas 50 ribu rupiah, Anda akan menemukan ilustrasi tempat ibadah Hindu ini di belakang sosok I Gusti Ngurah Rai.

Nah itu dia sedikit pembahasan mengenai pesona pura ulun danu bedugul. Jika anda sedang liburan di Bali, sempatkan diri anda untuk berkunjung ke sini.

Baca juga : 10 Tempat Wisata yang Searah dengan Bedugul

Karena tempat wisata di Tabanan ini merupakan tempat yang sangat terkenal hingga kemanca negara. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikutnya ya….

promohotel
  • Bagikan