Pura Lempuyang Karangasem Bali – Gerbang Sorga Pulau Dewata

  • Bagikan
Pura Lempuyang Karangasem Bali - Gerbang Sorga Pulau Dewata

Pura Lempuyang Karangasem Bali – Gerbang Sorga Pulau Dewata. Hi sobat traveler pernah dengar tentang “Lempuyang Gate of Heaven”? Itu adalah salah satu pura Hindu yang berada di Bali Timur. Bila ada yang belum tahu, kali ini saya akan menceritakan salah satu tempat wisata populer ini yang wajib kalian kunjungin.

Pulau Bali memang terkenal dengan nama lain pulau seribu pura. Hampir setiap sudut pulau Bali bisa anda temukan pura Hindu baik untuk sekala kecil maupun besar.

Walau sebagai tempat persembahyangan, namun tidak menutup untuk kunjungan wisatawan. Ada pun daftar pura populer dia Bali yang sering dikunjungin wisatawan. Yaitu Pura Besakih, Pura Lempuyang, Pura Ulun Danu Bedugul, Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot dan masih banyak lagi pura yang memiliki spot foto yg menarik.

Daya Tarik Pura Lempuyang Karangasem Bali

Bagi wisatawan pura Lempuyang ini terkenal dengan Gerbang Sorganya. Sebuah candi bentar yang berada di dataran tinggi dekat konter tiket. Walaupun berada di ketinggian 1.175 mdpl namun anda tidak perlu harus ke puncak untuk sekedar menikmati panorama mengagumkan ini.

Pura Lempuyang Karangasem Bali - Gerbang Sorga Pulau Dewata
Panorama Gunung Agung di dekat Gerbang Sorga Pura Lempuyang

Anda hanya butuh 10 menit jalan kaki dari konter tiket. Karena Gerbang Sorga ini berada di Pura Lempuyang paling bawah. Tempat ini memiliki spot foto yang memperlihatkan pemandangan mengagumkan dengan latar belakang gunung agung yaitu salah satu gunung tertinggi di Bali yang sangat populer sampai ke Mancanegara.

 Adapun Asal Muasal atau Sejarah Pura Lempuyang

Di lihat dari arti kata Lempuyang berasal dari kata “Lampu” yg artinya sinar dan “Yhang” yang artinya tuhan. Lempuyang berarti sinar suci tuhan yg terang benerang. Pura lempuyang terletak di sebelah timur pulau Bali yang mana awal dari terbit nya sinar matahari yang memberikan penarangan untuk kehidupan di bumi.

Sesuai dengan pura sad khayangan di Bali, Dewa yg menempati sebelah timur adalah Dewa Iswara yg bersenjatakan Bajra dengan simbol warna putih sebagai bentuk sinar untuk penerangan kehidupan. Ada juga yang mengatakan bahwa Lempuyang berasal dari kata ” embu” yg artinya menjaga.

Menurut lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bungksul, bahwa Sang Hyang Parameswara atau Sang Hyang Pasupati membawa potongan gunung mahameru. Yang berasal dari Jambhu Dwipa ( India). Kemudian potongan gunung mahameru di bagi menjadi 3 bagian besar dan bagian serpihan kecil.

3 bagian besar tersebut  kini puncaknya menjadi  Gunung Agung, Gunung Batur, dan Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Sedangkan bagian” kecil dari Gunung Mahameru meliputi Gunung Lempuyang, Gunung Tapsahi, Gunung Siladnyana, Pengelengan, Beratan, Nagaloka, Batukaru, Pulaki, Bukit Rangda, Puncak Sangkur, Teratai Bang, Andhakasa, Padang Dawa, Seraya, dan Uluwatu.

Di dalam lontar juga mengatakan Sang Hyang Parameswara menugaskan putra beliau yang bernama Sang Hyang Agni Jaya Sakti datang ke pulau Bali dengan bertujuan untuk menjaga kesejahteraan pulau Bali.

Sang Hyang Agni Jaya berstana di Pura Luhur Lempuyang bersama para Dewa Dewa lainya. Pura Lempuyang mempunyai status penting akan keberadaan pura” di Bali. Di dalam lontar juga mengatakan 3 pura terbesar di Bali yaitu Pura Luhur Lempuyang , Pura Besakih, dan Pura Ulun danu Batur.

Pura Lempuyang Karangasem Bali - Gerbang Sorga Pulau Dewata

Ada Pun larangan untuk menuju Pura Lempuyang

Semua tempat suci di Bali memiliki aturan yang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan di Pura Lempuyang Karangasem Bali ini. Berlaku untuk wisatawan dan Masyarakat yang akan bersembahyang

  • Wanita yang sedang datang Bulan tidak diperkenankan masuk areal tempat suci
  • Orang yang sedang berduka atau salah satu anggota keluarga meninggal ( Cuntaka )
  • Memakai perhiasan emas
  • Saat mendaki menuju pura luhur lempuyang tidak dibolehkan berkata kasar, dan hindari mengucapkan kata “capek”
  • Sarana persembahyangan tidak boleh menggunakan pisang emas

Lokasi Pura Luhur Lempuyang Bali

Pura Luhur Lempuyang terdetak di bagian timur Bali  tepatnya di jalan Pura Telaga Mas Lempuyang, Tri Buana, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Berada di ketinggian 1.175mdpl di atas permukaan laut

Bila anda dari arah Denpasar tempat wisata ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam 20 menit sesuai kondisi arus lalulintas terhitung dari Bandara Ngurah Rai. 

Namun lamanya waktu di perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah, udara alam yang masih segar dan astri.

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang Karangasem

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Lempuyang Gate of Heaven perlu mempersiapkan uang cash sebesar 100.000/ orang.

Harga tiket ini sudah termasuk mobil suthle dari parkiran menuju konter tiket PP, Tiket Masuk Pura Lempuyang, Sewa Sarong untuk masuk areal pura dan Donasi.

Fasilitas yang ada di Pura Luhur Lempuyang Karangasem

Bagi pengunjung yang akan ke Pura lempuyang Karangasem Bali tidak perlu kawatir dengan tempat parkir. Karena kawasan wisata Pura Lempuyang sudah menyediakan parkiran yang luas dan juga tersedia suthle bus untuk para pengunjung pura Lempuyang atau para penangkilan umat hindu yang akan melakkukan persembahyangan.

Bila anda ingin ke Puncak Pura Lempuyang, anda harus melewati 1.750 anak tangga untuk mencapai pura puncak ” Pura Lempuyang luhur”.

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati dan  mengabadikan moment pemandangan gunung agung dengan jelas yang populer di kalangan wisatwan lokal dan mancanegara. Tidak perlu sampai ke puncak.

Wisatawan yg berkunjung hanya bisa mendaki sampai di pura penataran agung yg biasa di sebut dengan ” the gate of heaven” atau jg di sebut sebagai gerbang surga. Untuk mencapai pura lempuyang luhur, hanya bisa dilalui oleh umat hindu atau orang yang hendak melakukan persembahyangan .

Umat hindu yg akan melakukan persembahyangan akan melawati Pura Telaga Mas, Pura Telaga Sawang, Pura Lempuyang Madya, Pura Puncak Bibis, Pura Pasar Agung dan terakhir Pura Lempung Luhur.

6 Tempat Wisata populer yang searah Pura Lempuyang yang akan di lewati

Wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke pura lempuyang akan melewati tempat wisata yang gak kalah populernya. Tempat ini bisa anda kunjungi bila di mulai dari arah denpasar

1. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah yg terletak desa pesinggahan, kecamatan dawan, kabupaten klungkung Bali. Pura goa lawah salah pura yang dikenal dengan sebuah goa yang dihuni ribuan kelelawar.

Pura Goa Lawah Kelungkung

Tempat ini merupakan titik fokus dari perang Kusambe antara tentara kerajaan hindia Belanda yang dipimpin  oleh mayor Jendral Andreas Victor Michiels melawan rakyat klungkung yg di pimpin Dewa Agung Istri Kanya.

Pura goa lawah jg merupakan salah satu pura khayang jagat yang ada di bali mejadikan pura goa lawah adalah salah satu pura yg sangat penting bagi umat hindu.

 Pura goa lawah bertepatan di pinggir pantai dan teping gunung. Mejadikan tempat ini persingahan bagi wisata atau pengendara lain nya yg akan berlibur ke daerah timur pulau bali atau pun sebalik nya pengendara yg kan melakun perjalan ke kota denpasar.

Baca juga : Top 8 Tempat Wisata di Bali Gratis Yang lagi Hits dan Instagramable

Sepanjang jalan kita akan bisa melihat pantai dan para pedagang yg menjajakan dagangan mereka. Selain itu ada juga yang mejual hasil tanggkapan laut para nelayan di desa setempat.

Tempat yang nyaman diiring suara ombak pantai menjadikan pura goa lawah adalah tempat yg cocok untuk sekedar menghilang lelah perjalanan menuju pura Lempuyang Karangasem Bali

2. Pantai Candi Dasa

Candidasa merupakan  sebuah kawasan resort yg terdapat di pinggir pantai. Lokasi candidasa bisa kita tempuh dengan jarak 64 km dengan waktu 1jam 20 menit dari bandara ngurah rai.

Pantai Candidasa

Biasannya wisatawan yg menginap di candidasa merupakan wisawatan yg ingin mencari ketenangan yang jauh dari keramainan kota dan kebisingan kendaraan. Selain sebagai kawasan resort , candidasa juga memiliki pantai yg indah.

3. Virgin Beach

Virgin beach  jg berada di bagian timur pulau bali. Tepat nya berada di jaln pantai perasi, desa perasi, kecamatan karangasem , kabupaten karangasem.

Pantai Virgin Karangasem

Jika kita bepergian ke bagian bali timur, kita akan melewati pura goa lawah, kawasan resort candidasa setalah itu kita kan sampai di pantai virgin beach.

Baca juga : 8 Daftar Sawah Terasering di Bali yang Wajib Anda Kunjungi

Virgin beach adalah pantai yang jauh dari keramaian penduduk atau yang sering disebut sebagai surga tersembunyi. Pantai virgin beach merupakan pantai yg sangat indah dn popoler dan sangat instragramebel.

Bagi wisatawan domestik ataupun mancanegara yg berwisata di bagian timur pulau bali , wajip mengunjungin pantai virgin beach.

Selain pantai yg jauh dari penduduk, pantai virgin beach berada di pinggiran bukit dengan harga tiket yg cukup terjangkau. Virgin beach memiliki pasir putih halus dan air yg jernih kebiruan. Kita jg bisa melihat pulau nusa penida dengan jelas.

Selain untuk bersantai menikmati pantai, Wisatawan yg ingin melakukan sesi foto pernikahan ( prewedding) , virgin beach  sangat bagus tdk kalah dengan pantai yg lain nya. Jadi rekomen banget bila anda sedang dalam perjalanan menuju Pura Lempuyang Karangasem Bali

 4. Taman Ujung Soekasada

Taman ujung selain sebagai tempat wisata yang searah dengan Pura Lempuyang. Tempat ini sering digunakan sebagai spot foto preweding wisatawan domestik maupun mancanegara.

Harga tiket masuk yang terjangkau  menjadikan taman ujung selalu ramai pengunjung yang akan melakukan sesi foto pernikahan( prewedding). Jarak yg tempuh mencapai 2 jam dari kota Denpasar.

Pura Lempuyang Karangasem Bali - Gerbang Sorga Pulau Dewata

Taman ujung soekasade di bangun pertaman kali pada tahun 1901 oleh raja karangasem yaitu i gusti bagus jelantik.

Pada masa pemerintahan raja karangasem i gusti bagus jelantik taman ujung awalnya bernama kolam dirah, artinya tempat pembuangan  bagi orag yang mengausai ilmu hitam

Pada tahun 1909 raja karangasem , memerintah kan arsitektur belanda dan tiongkok yg bernama  van den hentz dan loto ang.  Untuk merubah kolam dirah menjadi tempat peristrahatan raja karangasem, selain sebagi tempat  peristrahatan juga di jadikan sebagi tempat persemdian. Pembanguanan taman ujung soekasada ( kolam dirah ) selesai pda thun 1921

Taman ujung soekasada memliki 3 kolam besar yang berada dalam 1 tempat. Kolam pertama berada di bagian selatan sedangkan kolam kedua dan ketiga berada di utara.

Kolam di bagian selatan  terdapat bngunan yg berada di tengah kolam  yang di fungsikan sebagai bale bengong . Sedangkan kolam bagian utara lebih luas dari kolam bagian selatan.

Di tengah kolam bagian utara jg terdapat bngunan yg dihubungkan dengan jembatan untuk melintasi kolam di funsingnya sebagi tepat peristirahatan raja karangasem .

Karena bangunan peristirahatan raja karangasem yg terlihat menggantung maka masyarakat setempat menyebut nya dengan nama istana gantung.

Taman ujung soekasada juga memilik 100 anak tangga yang di atasnya terdapat pilar tanpa atap yang saat inj digunakan sebagai spot foto prawedding karena dapat melihat secara menyeluruh taman ujung.

5. Tirta Gangga Karangasem

Yang terahir tempat wisata yang akan anda lewati selama perjalanan menuju Pura Luhur Lempuyang atau Lempuyang Gate of Heaven adalah Tirta gangga. Merupakan taman air kerajaan Karangaesem yang berlokasi Bali timur yang mayoritas pangunjung kebanyakan wisawatan asing.

Pura Lempuyang Karangasem Bali - Gerbang Sorga Pulau Dewata

Tirta gangga berada di desa ababi, kecamatan abang,  kabupaten Karangasem. Perjalanan yang tempuh dari Denpasar menuju objek wisata tirta gangga yaitu 2 jam an.

Objek wisata tirta gangga memiliki luas tanah mencapai 1,2 hektar.  terdapat 3 tingkatan yg di dalam taman tirte gangga. Tingkatan pertama yaitu terdapat sumber mata air yg kluar dari bawah pohon beringin.

Tingkatan kedua merupakan kolam renang, dan tingkatan ketiga terdapat kolam hias dan air mancur. Wisatawan yang berkunjung di tirta gangga hal yang pertama kita lihat adalah kolam air dengan air mancur.

Dan terdapat candi yang menjulang tinggi. Tirta gangga merupakan tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan asing. Dan  kini wisatawan lokal mulai meminati kawasan tersebut.

Nah itu dia tentang Pura Lempuyang Karangasem Bali, lokasi serta daya tarik yang anda di Lempuyang. Kemudian harga tiket dan tempat wisata yang searah yang bisa anda kunjungi.. semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang tempat wisata di Karangasem.

promohotel
  • Bagikan