Pura Uluwatu Bali – Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik yang Eksotis

  • Bagikan
Pura Uluwatu Bali – Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik yang Eksotis

Pura Uluwatu Bali merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki Daya tarik dengan Keindahan yang Eksotis. Sangat wajar jika wisatawan yang sempat datang ke Bali mengakui keindahan yang hadir di setiap sudutnya. Ini merupakan salah satu daftar tempat wisata di Bali yang populer sampai ke luar negeri.

Di samping pemandangan alam di atas tebing dengan laut biru dan matahari terbenam yang cantik, Pura Uluwatu Ini sebagai satu dari enam pura penting yang sakral yang dapat Anda temukan di Bali. Selain itu kesan magic dan eksotik, Pura Uluwatu ini juga menyuguhkan beragam kegiatan hebat yang tidak kalah dari tujuan wisata yang lain di Bali.

Mengenal Sejarah Pura Uluwatu

Status kepemilikan Pura Uluwatu berada di Desa Pekraman Pecatu, dan diatur oleh Desa Pekraman Pecatu. Secara etimologis kata Ulu memiliki arti ujung, atas, atau puncak, sedang Watu memiliki arti Batu . Maka Pura Uluwatu disimpulkan sebagai tempat suci yang dibuat di puncak batu karang.

Menurut prasasti, Pura Uluwatu ini dibangun atas wahyu suci yang di turunkan kepada pendeta suci jaman Majapahit yang namanya Mpu Kuturan. Pada tahun 1550, Danghyang Dwijendra sebagai pendeta suci dari Jawa Timur. Memutuskan untuk moksa di pura ini sebagai akhir perjalanan religiusnya yang dikenal dengan nama “Ngaluhur”.

Karena itu, objek wisata Pura Uluwatu dikenal dengan nama Pura Luhur Uluwatu. Bagi umat Hindu yang berada di Bali, yakin bila Danghyang Dwijendra sudah mencapai titik spiritual paling tinggi. Di saat tersambar petir aygn yang dianggap sebagai kiriman dari dewa-dewa dan lenyap dari muka bumi sesudah kejadian itu.

Pura Uluwatu Bali – Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik yang Eksotis

Lokasi Pura Uluwatu Bali

Untuk menuju ke lokasi wisata Pura Uluwatu yang berada di desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali ini dapat dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi, sewa mobil dengan Sopir Bali atau motor. Bila dari Bandara Ngurah Rai, Anda memerlukan waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam menuju arah Jimbaran hingga uluwatu.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Pura Uluwatu ini sebetulnya dibuka sepanjang 24 jam tiap harinya. Tetapi, itu cuman khusus untuk pengunjung yang ingin sembahyang.

Dan jam operasional untuk para wisatawan yang akan berkunjung mulai dibuka dari jam 07.00 – 19.00 Wita. Ada banyak perbedaan harga ticket masuk wisata Pura Uluwatu yang berlaku untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing. Lihat harga tiket masuk pura uluwatu di Bawah ini:

Harga Tiket DomestikHarga Tiket Asing
Dewasa : 30.000Adults : 50.000
Anak-anak : 20.000Child : 25,000
Parkir sepeda motor : 2.000Motor Bike : 2.000
Parkir Mobil : 5.000Car : 5.000

Aturan Cara Berpakain Bagi Pengunjung

Untuk dapat masuk ke tempat pura, Anda harus patuhi ketentuan yang berlaku di kawasan pura uluwatu ini, satu diantaranya ialah dalam soal berbusana. Jika Anda memasuki area Pura Uluwatu, anda diharuskan

Pura Uluwatu Bali – Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik yang Eksotis

memakai pakaian yang sopan karena anda akan memasuki area tempat suci yang di gunakan sebagai tempat peribadatan bagi umat hindu.

Disamping itu, Anda juga harus menggunakan kain sarong dan selendang yang dapat diikatkan pada bagian pinggang. Anda tak perlu membelinya bila lupa membawanya saat berkunjung.

Selendang atau sarong sudah di sediakan di konter ticket masuk. Sarong dan selendang disediakan secara gratis sudah ada ke-2 kain itu yang umum dipinjam oleh tiap pengunjung yang akan masuk pura.

Aktivitas yang Ada di Pura Uluwatu

Di kawasan Pura Uluwatu ini anda tidak hanya menyuguhkan tempat peribadatan megah yang berada di atas tebing yang menjulang tinggi. Ada berbagai kegiatan seru yang dapat Anda lakukan sepanjang ada di pura ini.

Baca juga : Top 8 Tempat Wisata di Bali Gratis Yang lagi Hits dan Instagramable

Dimulai dari cari spot photo terbaik, menikmati cantiknya matahari terbenam sampai melihat acara atraksi tari Kecak. Sejuta daya tariknya yang dapat membuat Anda enggan untuk tinggalkan kawasan Pura Uluwatu. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa kegiatan seru yang bisa anda temukan di Pura Uluwatu.

1. Melihat Pura yang Megah dan Eksotik

Pura Luhur Uluwatu yang berada di atas tebing batu karang memang kelihatan benar-benar megah, berada di ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Ada di pura yang satu ini anda dapat nikmati luasnya Samudra Hindia sembari menyaksikan bentangan ombak yang menerjang di bawah tebing.

2. Sunset yang Mempesona

Lokasi wisata Pura Uluwatu yang ada di atas tebing membuat tiap pengunjung dapat nikmati pemandangan sunset sepuasnya tanpa halangan. Untuk dapat nikmati peristiwa terbaik saat ada di Pura ini, Sebaiknya anda tiba sekitar jam 17.00 sore.

Ini karena keadaan sinar matahari tidak terlalu panas menelusuri daerah sekitar atau menyaksikan beberapa orang yang surfing di bawah tebing sebelum sunset. Sekitar satu jam kemudian, Anda dapat melihat dan mendokumentasikan peristiwa saat matahari yang terbenam di batas cakrawala.

3. Surfing

Ombak yang berada di bawah tebing Pura Uluwatu memang sangat pas untuk aktivitas yang satu ini. Bahkan juga, lokasi ini sering jadi tempat untuk kejuaraan selancar internasional. Itu sebabnya, untuk beberapa wisatawan, kegiatan seru disamping menunggu sunset ialah menghabiskan waktu dengan surfing.

Tari Kecak Uluwatu

4. Melihat Pertunjukan Tari Kecak

Setelah nikmati sunset yang berada di kawasan Pura Uluwatu, Anda dapat masuk ke tempat pertunjukan Tari Kecak. Pertunjukan ini di mulai pukul 18.00 – 19.00 Wita. Tari yang lakukan oleh para laki-laki sejumlah 50-100 orang ini diselenggarakan tiap hari, terkecuali di saat Nyepi.

Saat Tari Kecak ini dimulai, Anda akan takjub dengan magisnya penampilan beberapa penari yang kelihatan benar-benar kompak. Dengan latar belakang lautan lepas dan langit yang luas dengan warna ungu keemasan di batas cakrawala, membuat peristiwa cantik ini tidak terlupakan.

Bagi anda yang ingin menonton Tari Kecak dan Api ini, anda di kenakan biaya tiket 150.000 untuk dewasa dan 100.000 untuk anak-anak. Jadi belilah tiket di konter pembelian tiket pukul 5pm sampai 5.30 pm, karena tiket sangat terbatas.

5. Melihat Monyet di Area Hutan dekat Pura Uluwatu

Tempat wisata Pura Uluwatu dikelilingi oleh hutan kecil dengan beragam flora dan fauna yang menarik. Satu diantaranya ialah monyet-monyet yg suka merebut dan mengambil barang bawaan beberapa pengunjung yang datang.

Karena itu, saat masuk tempat ini, Anda diharapkan tidak berlaku usil atau menggoda monyet-monyet itu. Mereka pada intinya baik dan dipercayai sebagai penjaga dan perlindungan Pura Uluwatu.

Baca juga : The Beach Love atau Pantai Cinta Kedungu, Lokasi dan Menu Makanan

Maka sebaiknya taruh barang berharga Anda seperti handphone, camera, anting, kalung, dan kacamata dengan baik dalam tas. Sebagai anjuran, Anda dapat beli makanan khusus untuk diberikan ke monyet.

Atau, Anda bisa minta tolong ke pawang yang berada di area wisata Pura Uluwatu supaya perjalanan Anda masih tetap aman. Sebagai tanda terima kasih, Anda dapat beri uang sekitar sepuluh sampai dua puluh ribu ke pawang itu.

Fasilitas yang ada di Pura Uluwatu Bali

Tempat wisata Pura Uluwatu sudah dilengkapi sarana yang lengkap. Selainnya tempat parkir, ada juga toilet, warung, restoran, dan kafe dengan bermacam macam makanan yang ditawarkan. Bila ingin bermalam, Anda dapat secara mudah menemukan beragam tempat penginapan sebelum meneruskan penjelajahan menelusuri tempat wisata yang lain yang ada disekitaran pura.

Object Wisata dekat Pura Uluwatu

Uluwatu bukan hanya terkenal dengan puranya saja yang istimewa, ada banyak tempat wisata di Bali selatan yang lain yang pantas untuk Anda datangi. Salah satunya ialah seperti berikut:

  • Pantai Blue Point Uluwatu
  • Padang-padang Beach
  • Suluban Beach
  • Nyang-nyang Beach

Nah itu dia tentang Pura Uluwatu Bali yang memiliki banyak keistimewaan yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun pasangan anda. Bali memang memiliki banyak tempat wisata mengagumkan yang pantas ada kunjungi selain Pura Uluwatu yang berada di Desa Pecatu ini.

promohotel
  • Bagikan